Masuk

Ingat Saya

Pesan: Jangan menyerah untuk orang yang belajar bahasa inggris

Bahasa inggris adalah satu bidang bahasa yang digunakan di kancah internasional,akibatnya banyak yang mempelajarinya, baik anak kecil, remaja dan dewasa. Semua berbondong-bondong dan berlomba-lomba untuk mempelajarinya agar dapat bersaing di dunia global dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Dalam perjalanannya banyak pembelajar yang mengalami kesulitan, tidak percaya diri, merasa tidak bisa dan bodoh serta frustasi sehingga membuat enggan lagi untuk mendalami dan mempelajari bahasa inggris.

Padahal bahasa inggris adalah bahasa yang paling menjual dimanapun. Orang yang bisa bahasa inggris dapat kerja dimanapun dan potensi ekonomi yang akan didapatnya pun kedepannya sangat besar dan menjanjikan karena bahasa inggris baik sertifikat maupun skill speaking dan grammarnya pun sudah menjadi persyaratan di dunia kerja di instansi-instansi maupun independent.

Kesulitan yang dialami para learner inggris ini acapkali tidak diiringi semangat yang tinggi untuk bisa dan yakin bahwa ia pasti bisa menguasai bahasa inggris. Itu sejatinya adalah hambatan ataupun ujian yang harus dilalui dan dipecahkan bukan malah dibiarkan dan tidak diselesaikan.

Jika anda pernah membaca kisah ibnu hajar al Asqalani yang dalam menuntut ilmu sebelum menjadi orang hebat dan besar. Awalnya ia merasa kesulitan dalam menuntut ilmu. Ia adalah murid yang rajin tetapi ia selalu tertinggal jauh dengan teman-temannya karena sering lupa dengan pelajaran-pelajaran yang telah diajarkan gurunya di sekolah sehingga membuat ia frustasi dalam menuntut ilmu pengetahuan. Dari situ ia keluar untuk meninggalkan sekolahnya dengan memohon izin gurunya lalu dlam perjalanannya ia terjebak dalam hujan lebat di sebuah gua.

Didalamnya matanya tertuju pada tetesan-tetesan air yang menetes sedikit-demi sedikit jatuh sehingga melubangi sebuah batu. Ia kaget dan terkejut sampai merenungi hal itu. Dalam lubuk pikirannya ia beranggapan bahwa itu adalah sebuah keajaiban karena air yang bergerak sangat lambat dan sedikit itu dapat melubangi batu yang keras itu akibat dari tetesan yang berulang-ulang.

Pada akhirnya  ia beranggapan bahwa batu yang keras pun dapat terlubangi, sehingga merubah pikirannya seketika itu juga bahwa kesulitan-kesulitan yang ia hadapi pasti bisa terpecahkan dan terastasi jika deibarengi dengan ketekunan dan kerajinan yang dilakukan secara terus-menerus layaknya air yang jatuh terus menerus diatas batu tersebut sampai berlubang. Dan sejak peristiwa itu beliau akhirnya berguru dan datang untuk menuntut ilmu kembali sehingga dapat menjadikannya ilmuwan besar dan terkenal di zamannya.

 

Pesannya adalah bahwa dalam belajar bahasa inggris pasti diri kita akan menjumpai kesulitan-kesulitan dalam memahami pelajaran atau  materi tersebut, maka tugas terbesarnya adalah tekun, terus hadapi hal itu jangan dibiarkan. Terus tingkatkan hafalan vocabularies anda dengan target sedikit demi sedikit. Sebagai contoh menuliskan dan menghafalkan 5 vocabularies dalam 1 hari dan mulai mendengarkan music-musik berbahasa inggris dan film-film dengan subtitle bahasa inggris untuk menunjang pemahaman dan kemampuan kita dalam memahami belajar bahasa Inggris. Ini bukan beban tapi ini adalah tabungan untuk investasi masa depan.

Bahasa inggris adalah bahasa internasional,pesannya terus berikan focus dan keseriusan didalamnya sampai kita bisa dan meraihnya dan jangan lupa berdoa, memohon pada Alalh agar diberikan pemahaman yang kuat dan pengetahuan yang berkah.

 

Nanda nursyah alam